Langsung ke konten utama

Khanza Kathira - Our Little Miracle

Hello! We're Athira's parent and we dedicated this blog to our beloved daughter, Athira. 

In 2 weeks, Athira will be 1 year old, Insya Allah (Yeay!). Tahun ini bakal jadi ulangtahun pertama Athira, sekaligus ulangtahun pertama bundanya jadi Ibu dan ayahnya jadi Ayah :) 


And the story begins...

Sabtu, 2 November 2013 - Lahirlah malaikat kecil kami yang bernama Khanza Kathira Kamilarizki dengan BB 2,1 kg dan TB 49 cm, Alhamdulillah sehat tanpa kurang suatu apapun. Kelahiran athira sebenarnya cukup mendadak, karena usia kandungan bundanya masih di bulan ke 36. Namun setelah di cek sana sini sama bu dokter (Oya, Obgyn Athira namanya Dr. Lilia Mufida di Kemang Medical Care), ternyata cairan ketuban sudah berkurang banyak, BB bayi gak naik sejak 1 bulan sebelumnya, protein bundanya udah +1 dan tekanan darahnya udah tinggi banget 110/220 *serem sendiri* akhirnya musti dilahirkan hari itu juga dengan C-section (Huhuhu bundanya rada sedih sih karena gak bisa melahirkan normal). Walaupun gak bisa normal, tapi yaudah harus ikhlas yang penting Athira lahir dengan sehat. 

Alhamdulillah, sekitar pukul 18:00 lahirlah Athira si bayi mungil dan langsung IMD selama 15 menitan, sambil bundanya dijahit dan tentunya foto - foto narsis ala keluarga baru (tapi saking senengnya si ayah lupa deh video-in zzz). 

Hari - hari baru dimulai bersama Athira, tentunya banyak beneuur dramanya, dari yang sedih sampe yang seneng. Karena pas awal - awal setelah melahirkan bundanya sempet ngalamin baby blues selama sebulan, bawaannya bete dan sedih terus ditambah lagi dengan Athiranya yang belum jago mimik, makin deh stress.  Tapi dengan bantuan para nenek, para kakek, para om tante dan DSA-nya Athira (Dr. Asti Praborini di Kemang Medical Care juga), drama baby blues akhirnya berakhir sudah. 

Perkembangan athira mulai di bulan kedua, bisa dibilang cukup pesat apalagi ditambah BB dan TB yang naik cukup signifikan untuk ukuran bayi prematur, dokternya sampe ikut kesenengan sendiri dan selalu foto athira tiap kunjungan, yang katanya untuk dipakai materi training para dokter muda (bundanya sih seneng aja, selama memang digunakan untuk kebaikan para ibu baru dan baby pastinya). 

Hari ini, umur Athira 11 bulan lebih 14 hari, alhamdulillah udah makin pinter makin harinya. Walaupun belum tumbuh gigi (bundanya sempet panik sampe nanya2 ke dokter asti, yang berakhir dengan diomelin sm bu dokter hehehe) ternyata masa tumbuh gigi anak tuh sampe batas 2 tahun, jadi tenang aja bun :) tapi klo dilihat kemampuan motorik athira memang lebih banyak kemajuan. Udah bisa berdiri sendiri, tapi langkah 1 2 terus jatoh hehe, udah bisa nunjuk, bisa manggil, pemakan segala (hampir makan korek api zz), bisa nge-bully aunty nya pake gebukan dan cubitan kicil, terus paling happy kalo denger musik sebangsa R&B *lawas yee seleranya* langsung goyang deh tu bocah hihi. 

Mudah-mudahan makin hari makin banyak kebisaannya. Bundanya pun coba me-mind set diri supaya gak pernah membandingkan Athira dengan anak lain yang seumuran, karena setiap anak punya keunikan dan kelebihannya masing - masing. Yang paling penting gimana cara ayah bunda pinter menggali potensi kelebihan dan kekurangan anaknya *aseek bahasanya* 

Mudah-mudahan bisa dampingin Athira terus sampe dia nikah dan punya keluarga kecil sendiri #MulaiGalau #EmakLebay #TapiVisioner Aaammiiin yra :) 

- Bunda - 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Where Athira was Born: Kemang Medical Care

Sebulan setelah pernikahan, Alhamdulillah dikasih kepercayaan sama Allah untuk mengandung anak pertama kami. Kehamilannya bener - bener gak disangka, awalnya si bunda ngerasa demam dan gak enak badan alias pegel sekujur badan, terus berangkatlah sm si ayah ke dokter, sekalian di ceki ceki sana sini takutnya kena DBD karena demamnya udah berhari - hari. Eh bu dokternya malah ngomong "Selamat yaa pak, istrinya hamil" --- its like whaaaaaaaaaaaat?! bukannya kita ga seneng, tapi gak nyangka aja secara baru 2 minggu lebih nikah. Dan perjalanan pulang pun diisi dengan keheningan panjang *melongo sambil telen telen ludah* Dari awal kehamilan, kita selalu check up di Rumah Sakit Kawasan Bintaro yang sungguh tersohor itu (ya eyalaah cuma satu soalnya heuheu). Sebenernya si bunda udah cucok bgt sama rumah sakitnya, karena udah familiar banget secara dari brojol udah di Bintaro kaan, tapii.... gak cocok banget sama waktu nunggu dan dokternya (sebut saja mawar, udah lumayan senior n

Jalan-jalan Sore: AEON Mall, Serpong (BSD)

Salah satu resolusi setelah resign adalah: datengin tempat-tempat happening di hari biasa supaya sepi *cetek banget yaaa resolusinya* jadilah hari rabu yang lalu niat plesiran ke AEON Mall yang sungguh happening itu! Sebenernya udah pernah kesana pas weekend dan sungguh sangat kuciwaaa karena penuhnyaaaa amittt-amitt bangeeeet! Masuk Mall macet, cari parkir susah, cari restoran penuh semua, mau jalan rasanya sesek banget saking penuhnya orang. Pokoknya super gak nyaman and it was unpleasant experience. Dan ternyata jalan-jalan di AEON ketika hari biasa adalah syurgaaa duniaaa :) Semua jadi berasa keliatan bagus dan rapih jali, tentunya jadi bener-bener merhatiin segala perintilan di Mall dengan sungguh seksama. Bagussss yaa ternyata Mall-nya, I likeee! Buat pencinta budaya jepang, udahlah gak perlu ke jepang cukup ke AEON aja udah mirip kayaknya hahaha! Soalnya dari sebagian besar toko-toko, jualannya barang-barang buatan jepang, terus untuk restorannya sendiri 80% ad

Apa itu Kangaroo Mother Care?

Di blog post sebelumnya (click!click) , udah diceritain kan proses detik-detik kelahiran Athira di usia kandungan bundanya yang baru masuk 36 minggu, makanya bisa dibilang Athira adalah bayi premature; walaupun notabene hanya kurang seminggu dari jadwal kelahiran bayi normal. Selain lahir lebih cepat, BB Athira pun termasuk dibawah rata-rata BMI bayi.  Di KMC sendiri, mereka hanya menyediakan 1 unit inkubator dan hanya diperkenankan bagi bayi premature dengan kondisi kritis/gawat. Jadi Dr. Asti ngenalin bunda sama metode Kangaroo Mother Care; salah satu metode terbaik bagi perawatan anak premature. Kenapa bisa dibilang lebih baik dibanding inkubator?  picture taken from pinterest 1# Lebih simple dan mudah dipraktekan , cukup bermodalkan kimono, baju berkancing atau baby wrap; voila! langsung bisa deh jadi ibu kanguru. 2# Dengan metode ini, bayi merasa nyaman dan hangat seperti ketika dia masih berada di dalam kandungan. Fyi, bayi premature masih sulit mengatur suhu tu