Langsung ke konten utama

Where Athira was Born: Kemang Medical Care

Sebulan setelah pernikahan, Alhamdulillah dikasih kepercayaan sama Allah untuk mengandung anak pertama kami. Kehamilannya bener - bener gak disangka, awalnya si bunda ngerasa demam dan gak enak badan alias pegel sekujur badan, terus berangkatlah sm si ayah ke dokter, sekalian di ceki ceki sana sini takutnya kena DBD karena demamnya udah berhari - hari. Eh bu dokternya malah ngomong "Selamat yaa pak, istrinya hamil" --- its like whaaaaaaaaaaaat?! bukannya kita ga seneng, tapi gak nyangka aja secara baru 2 minggu lebih nikah. Dan perjalanan pulang pun diisi dengan keheningan panjang *melongo sambil telen telen ludah*

Dari awal kehamilan, kita selalu check up di Rumah Sakit Kawasan Bintaro yang sungguh tersohor itu (ya eyalaah cuma satu soalnya heuheu). Sebenernya si bunda udah cucok bgt sama rumah sakitnya, karena udah familiar banget secara dari brojol udah di Bintaro kaan, tapii.... gak cocok banget sama waktu nunggu dan dokternya (sebut saja mawar, udah lumayan senior nih gosipnya). Misalnya kan bikin appointment jam 6, eeeeh baru dipanggil jam 9 saking penuhnya (alamaaak bangkrut nih klo nunggunya sambil nyetarbakss mulu), trus pas masuk ruangan ketemu dokter trus USG bentar (1 menitan lebih dikit) terus udah kelar, si dokter mawar hanya bilang "bagus kok anak dan ibunya" OK deh! ga ngerti sih bagus dari sisi mana, mungkin dari sisi kecantikan *lempar botol gel USG* dan..... itu berlangsung sampe kehamilan umur 5 bulan zzz (kuciwa, tapi secara bundanya suka mager gimana gitu jadi ga inisiatif cari dokter lain).

Akhirnya di bulan ke-5, dengan tekad bulat, mulai browsing dan tanya tanya temen kanan kiri yang udah pengalaman. Akhirnya dapet beberapa rekomendasi dari temen, setelah cocokin jadwal akhirnya terpilihlaaah satu dokter *jreng jreng* Dr. Diah Kartika Sari di Kemang Medical Care.

Pas hari H, ayah bunda udah semangat banget nih menyongsong dokter baru di KMC *deeeileeh* pas menjejakan kaki di KMC, rasanya langsung ada angin kibas - kibas jilbab dan merasa "Ini yang aku cari!" *benerin jilbab* sukaaa bgt, simple simple bersihhhhh gimana gitu trus gak bising dan ada mothercare! *si ayah pun mesem, tapi tetep maju jalan demi si baby utun* oiaaaa pas athira masih di kandungan, kita manggil kamu baby utun, nak :)

Pas register, mood kembali dropppp! kenapa? karena dokter diahnya mendadak cancel ada tindakan spontan *krik krik* terus karena perjuangan bintaro - kemang lumayan panjang, yaudahlah akhirnya kita pasrah aja sama dokter yang ada, mikirinya next time baru deh sm dokter diah. Akhirnya kita di check sama Dr. Lilia Mufida (yang akhirnya menjadi dokter kesayangan)!

Proses dari register sampe dipanggil dokter, hanya membutuhkan waktu 15 menit sodaraa sodaraa! bukan karena gak laku, tapi di KMC pake sistem jam - jaman supaya pasien gak numpuk di waktu yang sama, asalkan kita dateng sesuai dengan waktu yg disuruh adminnya, klo di Disneyland sih semacam fast track gituuh.. Cintaaa banget gak sih *muach* lalu... masuklah si ayah bunda. Impression pertama kita tuh, dokter Lilia tipe dokter judes, ceriwis dan modis gituu sih. Dan bener aja pertama kali check up langsung di 'omelin' selama 1 jam *nangis dalam hati* tapi diomelin in a goood way!

waktu check up with Dr. Lilia Mufida
Ternyata eh ternyata, banyak banget hal yang perlu di concern dan cukup bahaya klo gak segera ditanganin:
1. Berat Badan Bunda naiknya super lebay, 15 kilo di 5 bulan pertama, salah satu ciri - ciri preklamsia
2. Cairan Ketuban dibawah rata - rata
3. Plasenta mengalami pengampuran
4. Berat Badan Bayi jauh dibawah umurnya

Pulang dari dokter bener - bener lunglai dan sedih, makanya bersyukur banget ketemu dokter Lilia, jadi bisa di terus dikontrol. Padahal di RS sebelumnya gak ketahuan dan selalu dibilang bagus, Alhamdulillah banget gak diterusin di situ.

Dokter lilia dan para suster di KMC tuh super membantu banget, always ready 24 hours. Karena kehamilan bunda cukup bermasalah jadinya dikontrol 2 minggu sekali. Saking seringnya, udah ga perlu daftar lagi soalnya udah didaftarin langsung sm suster unyu unyu di KMC. Nah, pas minggu ke 36 (Sabtu, 2 November jam 16:00) dokter Lilia bela-belain cancel perjalanan ke Luar Kota karena punya feeling ga enak bunda bakal melahirkan. Eh bener aja dong, pas di USG, tes detak jantung dan tes darah, bundanya udah masuk fase preklamsia level 2 which harus banget dilahirkan kalo mau anaknya selamat :') dan sebelum melahirkan, dokter lilia nelfonin Dr. Asti Praborini (DSA athira) karena merasa anak prematur tuh cuma cocok 'dirawat' sama dia. Padahal dokter asti juga lagi banyak pasien di RS lain, tapi setelah dipaksa dan diyakinkan sm dokter lilia, akhirnyaaa mau jugaaa dateng ke KMC! yeay! Jam 18:00 Alhamdulillah Athira lahiir, Halo Nak!

persiapan sebelum bunda melahirkan
ini ruangan operasi bunda melahirkan athira
hello sayaang....
Setelah melahirkan, bunda dan athira bener - bener 'diurusin' sama dokter asti dan diajarin untuk jadi orangtua dari anak prematur, which is gak sama ky anak biasa. Sampe dibeliin buku, gendongan, cup feeder dan dibayarin konsultasi dokter laktasi (kynya bunda satu2nya orang yang pernah dibayarin dokter hehehe *muka seneng namanya juga emak hemat*) pokoknya apapun dibantuin asalkan athira cuma minum ASI dan gak masuk inkubator dan alhamdulillah sakseissssssss! Dan gosip punya gosip, dia salah satu dokter yang bisa bikin ibu adopsi produksi asi, sehingga bisa menyusui layaknya anak yang lahir dari rahim ibu itu sendiri *zupperrr!*
with Dr. Asti Praborini
Sampe sekarang pun athira masih kontrol ke Dr. Asti, walaupun dia galaknyaaaa segalak ibu kost-an yang uang kost nya belom dibayar, tapiii sebenernya dia baik bangetttt! mengusahakan yang terbaik buat kita, gak asal kontrol dan suntik aja. Oiya, dokter asti juga selalu komitmen untuk memberikan imunisasi yang halal, jadi walaupun direkomendasikan WHO tapi belum halal, dia gak akan tuh kasih ke anak kita. Jadi merasa banget athira ada di tangan yang benar, Alhamdulillahhhh...

Jadi klo nanti punya anak lagi (nantiii loh yaaa, 3 - 4 tahun lagi insya Allah :p sabar yaa ayah) pengen di KMC lagi. Walaupun dari segi harga lebih tinggi dari rumah sakit lain, tapi apalah artinya uang dibanding kesehatan anak kitaa *uhuuuuy* dan service nya pun menyenangkan sekali, ditambah aura nya yang super homeeey :) super recommended!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jalan-jalan Sore: AEON Mall, Serpong (BSD)

Salah satu resolusi setelah resign adalah: datengin tempat-tempat happening di hari biasa supaya sepi *cetek banget yaaa resolusinya* jadilah hari rabu yang lalu niat plesiran ke AEON Mall yang sungguh happening itu! Sebenernya udah pernah kesana pas weekend dan sungguh sangat kuciwaaa karena penuhnyaaaa amittt-amitt bangeeeet! Masuk Mall macet, cari parkir susah, cari restoran penuh semua, mau jalan rasanya sesek banget saking penuhnya orang. Pokoknya super gak nyaman and it was unpleasant experience. Dan ternyata jalan-jalan di AEON ketika hari biasa adalah syurgaaa duniaaa :) Semua jadi berasa keliatan bagus dan rapih jali, tentunya jadi bener-bener merhatiin segala perintilan di Mall dengan sungguh seksama. Bagussss yaa ternyata Mall-nya, I likeee! Buat pencinta budaya jepang, udahlah gak perlu ke jepang cukup ke AEON aja udah mirip kayaknya hahaha! Soalnya dari sebagian besar toko-toko, jualannya barang-barang buatan jepang, terus untuk restorannya sendiri 80% ad

Preeklamsia pada Kehamilan Kedua

Assalamualaikum, selamat pagi! Hari ini pengen berbagi tulisan tentang preeklamsia, penyakit yang sempat saya alami di kehamilan yang pertama.  Well, first of all, apakah itu preeklamsia? sebuah komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) dan tanda-tanda kerusakan organ, misalnya kerusakan ginjal yang ditunjukkan oleh tingginya kadar protein pada urine (proteinuria).