Langsung ke konten utama

Olahraga Aman Untuk Bumil

Haloooh Blog! Saking kelamaan gak update sampe lupa kynya punya blog heuheu! Maklumin aja yaaa... namanya juga bumil :p Well, minggu ini sudah memasuki minggu kehamilan ke 31 (yeaaay!) yang artinya 7 minggu lagi insya Allah akan masuk full-term. Sampe hari ini masih 50:50 antara VBAC atau kembali caesar. Walaupun hati kecil ini sungguhhhh ingin sukses VBAC (Aaaamiiiin). Tapi yaa gitulah gak mau maksa dan ngeyel jugaaa, cuma bisa usaha, banyakin curhat sama baby utun supaya mau lahir spontan aja dan pastinya banyak doa sama Sang Pemilik Keputusan. 

Alesan kenapa masih 50:50 tentu aja karena tekanan darah tinggi gw yang sampe saat ini gak jauh-jauh dari 140/90 :( jadinya klo sampe 37 minggu masih begini dokternya bakal saranin untuk caesar aja sebagai cara teraman terutama untuk ibunya, klo normal pun harus lahir spontan gak boleh pake stimulasi lahiran ini itu hiks! Jadi yaudahlah yang terbaik aja... gw sama suami mah pokoknya udah persiapan berbagai Plan A, B dan C. Maklum ajaa yang kerja Fulltime kan cuma pak suami aja, otomatis biaya melahirkan cuma dicover kantor dia, yaa klo ada kurang harus dipikirin sendiri (langsung mulesss haha!). Yaa Bismillah ajalah Allah mudahkan semuanya, dari proses lahirannya sampe proses bayar tagihannya :D

So, salah satu ikhtiar untuk menekan tekanan darah tinggi untuk gak naik, at least tetap stabil (syukur-syukur bisa turun) yaitu dengan jaga pola makan dan olahraga. Klo dari makanan yaaa standar lah, yang rendah gula garam, banyakin buah sayur dan kurangin gorengan (yang mana ini ujian hidup banget gak sih!). Lalu olahraga! Dari hamil trimester pertama udah disuruh rajin olahraga ringan sebagai antisipasi lonjakan si tekanan darah, which is beda banget sama kehamilan gw yang pertama dimana di trimester pertama isinya cuma makan, bobo dan males2an hahaha! Jadi ini adalah beberapa olahraga yang rutin gw jalanin selama kehamilan dan memang direkomendasikan sama bu Obgyn:

  1. Prenatal Yoga - Di trimester kedua mulai rajin ikutan prenatal yoga. Gw sendiri sangat awam sama yoga, baru sekali ikutan yoga dan itu pun udah lamaaaaa banget! Jadi memulai kembali di Nujuh Bulan Studio, Bintaro... Enak bangeeet yaa dan langsung jatuh cinta! Kirain cuman tarik dan buang napas aja hahaha ternyata banyak gerakan yang bikin bisa mengurangi pegal dan menambah kekuatan secara fisik dan emosi. Tapi klo ikutan kelas yoga gini sebenernya agak susah waktunya, karena jam kelasnya adalah saat anak gw bangun tidur dan suka susah ditinggal. Jadilah beberapa bulan ini lebih rajin yoga via Youtube aja (di TV pake First Media #BukanPromosi). Eh lumayan bgt nemu beberapa video yang gerakannya gak jauh beda sama studio. Syenaaaang! Well, my favorite is Lara Dutta, search aja di youtube nanti bakal keluar beberapa pilihan.
  2. Berenang - Kalo berenang emang salah satu olahraga favorit dari sebelum hamil, nah pas hamil lumayan digencarkan kembali jadwal berenangnya. Sekalian ajak renang kakak kicik, yang sekarang udah gaya bener gak mau pake pelampung zzz. Mau di les-in serius tapi emaknya masih mager cari guru beneran hehe!
  3. Jalan Pagi / Jogging Ringan - Ini olahraga yang paling direkomendasiin sama bu dok. Karena salah satu treatment nurunin tekanan darah itu dengan asupan Vitamin B which is banyak terdapat di sinar matahari pagi. Lalu selain baik karena vitamin B-nya, baik juga untuk aliran darah ke jantung dan ngencengin otot paha betis yang udah gak karuan ini haha!
  4. Olahraga dengan Alat (Klo gw pake Airwalk) - Ini sih alternatif klo lagi males jalan pagi atau lagi hujan. Kurang lebih sekitar 15 menit aja udah cukup bikin bumil ngos-ngosaaan. Kalo untuk alat lainnya kurang tau juga yaa, jadi sebaiknya ditanyakan ke Obgyn dulu alat apa saja yang aman untuk bumil. 
  5. Prenatal Zumba - Kalo ini sih gw doang yang emang seneng hehehehe dan hanya bermodal (lagi-lagi) Youtube! My recommendation: Channel LoveLiveParty (cukup ringan zumbanya untuk bumil) Kalo lagi bosen olahraga yang penuh kesunyian (dibaca: yoga) biasanya gw zumba ala ala yang cukup ringan untuk stamina bumil hehe. Asalkan gerakannya gak banyak loncat atau gak terlalu cepet, biasanya sih masih bisa keep up :) Selain itu zumba juga bikin hati bumil yang suka moody gak jelas ini kembali ceria! Kalo yang penasaran bisa ikutan juga Prenatal Zumba di Nujuh Bulan Studio.
Sejak rajin olahraga dari trimester pertama, hasilnya memang terasa bangeeet dan sungguh lebih baik dibanding kehamilan pertama yang cepet capek. Sekarang berasa banget manfaatnya, yaitu:
  • Jadi gak cepet capek padahal masih harus sering ngibrit ngejar dan gendong kakak kicik
  • Jadi gak cepet ngantuk / boyo, lebih energetik yaaa sis!
  • Kaki GAK BENGKAAAAK! yeaynesss :D 
  • Kaki gak kram lagi klo malem-males pas lagi tidur gituu
  • Berat badan baru naik 7 kg ajaa 
  • Muka terasa lebih kinclong! Karena otomatis sering keringetan dan ngeluarin lemak di muka yang berlebih :) 
Jadi yuk para bumil jangan males olahragaa yaaa! Hamil bukan halangan buat tetap bergeraaaak, kalo masih males juga silahkan stalking IG nya Andien hahahaha! *Bumil Kompetitif* Doakan yaa semoga lancar sampai melahirkan nanti! :)

Salam Olahraga!

*Btw tiap kehamilan bisa berbeda-beda jadi pastikan pilih olahraga yang sudah direkomendasikan oleh Obgyn-nya yaa*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Where Athira was Born: Kemang Medical Care

Sebulan setelah pernikahan, Alhamdulillah dikasih kepercayaan sama Allah untuk mengandung anak pertama kami. Kehamilannya bener - bener gak disangka, awalnya si bunda ngerasa demam dan gak enak badan alias pegel sekujur badan, terus berangkatlah sm si ayah ke dokter, sekalian di ceki ceki sana sini takutnya kena DBD karena demamnya udah berhari - hari. Eh bu dokternya malah ngomong "Selamat yaa pak, istrinya hamil" --- its like whaaaaaaaaaaaat?! bukannya kita ga seneng, tapi gak nyangka aja secara baru 2 minggu lebih nikah. Dan perjalanan pulang pun diisi dengan keheningan panjang *melongo sambil telen telen ludah* Dari awal kehamilan, kita selalu check up di Rumah Sakit Kawasan Bintaro yang sungguh tersohor itu (ya eyalaah cuma satu soalnya heuheu). Sebenernya si bunda udah cucok bgt sama rumah sakitnya, karena udah familiar banget secara dari brojol udah di Bintaro kaan, tapii.... gak cocok banget sama waktu nunggu dan dokternya (sebut saja mawar, udah lumayan senior n

Jalan-jalan Sore: AEON Mall, Serpong (BSD)

Salah satu resolusi setelah resign adalah: datengin tempat-tempat happening di hari biasa supaya sepi *cetek banget yaaa resolusinya* jadilah hari rabu yang lalu niat plesiran ke AEON Mall yang sungguh happening itu! Sebenernya udah pernah kesana pas weekend dan sungguh sangat kuciwaaa karena penuhnyaaaa amittt-amitt bangeeeet! Masuk Mall macet, cari parkir susah, cari restoran penuh semua, mau jalan rasanya sesek banget saking penuhnya orang. Pokoknya super gak nyaman and it was unpleasant experience. Dan ternyata jalan-jalan di AEON ketika hari biasa adalah syurgaaa duniaaa :) Semua jadi berasa keliatan bagus dan rapih jali, tentunya jadi bener-bener merhatiin segala perintilan di Mall dengan sungguh seksama. Bagussss yaa ternyata Mall-nya, I likeee! Buat pencinta budaya jepang, udahlah gak perlu ke jepang cukup ke AEON aja udah mirip kayaknya hahaha! Soalnya dari sebagian besar toko-toko, jualannya barang-barang buatan jepang, terus untuk restorannya sendiri 80% ad

Preeklamsia pada Kehamilan Kedua

Assalamualaikum, selamat pagi! Hari ini pengen berbagi tulisan tentang preeklamsia, penyakit yang sempat saya alami di kehamilan yang pertama.  Well, first of all, apakah itu preeklamsia? sebuah komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) dan tanda-tanda kerusakan organ, misalnya kerusakan ginjal yang ditunjukkan oleh tingginya kadar protein pada urine (proteinuria).