Langsung ke konten utama

The Kinesthetic Learner


 Well, pardon my laziness that kickin' me lately! *nyengir*

Di bulan Mei ini, Athira udah memasuki umur 2 tahun 6 bulan, which is bentar lagi 3 tahun! Uh cepet amat yaaa perasaan baru aja anaknya brojol kemaren. Sesuai dengan plan ayah bunda, tahun depan berarti udah waktunya athira masuk sekolah playgroup dan mulai TPA (taman pendidikan Alquran).

Untuk playgroup nya sendiri bukan playgroup hits masakini, cuma playgroup kecil di komplek rumah, alasannya sih karena murah meriah (jadi klo anaknya males sekolah, ga rugi2 amat haha medit), deket banget tinggal jalan kaki less than 300 meters dan yang jelas isinya anak - anak komplek juga yang udah lumayan familiar sama athira. Jadi sebenernya kayak main sore - sore aja sih tapi ada gurunya :) Kalo TPA sih udah wajib lah yaaa, karena bundanya ngerasa belum se-kompeten itu untuk ngajarin athira ngaji sendiri, walau sebenernya untuk umur 3 tahun materinya belum baca iqro tapi lebih ke mengenal nabi dan rasul, doa sehari-hari dan pengetahuan islam lainnya. 

Dari athira umur 1 tahun, gw selalu bikin activities setidaknya 2 kali sehari setiap weekend (karena waktu itu masih kerja), setelah bundanya resign jadi bikin activities setiap hari 1 kali, walaupun kadang justru weekend malah skip hehe biarin lah dia main sesukanya, bunda kan juga mau leyeh-leyeh sesukanya :p activitiesnya sendiri selalu gw mix antara yang physical dan yang sifatnya sensory play, secara bergantian. 

Sejauh ini, athira memang selalu lebih nangkep (dan bersemangat) klo gw ajarin sesuatu yg lebih menggunakan fisik. Misalnya belajar angka sambil dancing, jadi semacam senam SKJ gitu, kaya satuu duaaaa tiga empat lima, dia bakal happy berat dan itu bisa bertahan sampe hitungan 20 keatas. Beda banget hasilnya pas gw ajak dia ngitung sambil liat buku bergambar, palingan belum sampe angka lima anaknya udah ngibrittt. Begitu juga ketika bacain buku cerita, pasti baru halaman pertama anaknya langsung gelisahhh, dia lebih suka gw ngarang cerita sendiri sambil acting jadi singa lah, harimau lah dan sebagainya, of course ceritanya pun lebih ke hasil improvisasinya dia karena dia selalu 'interupsi' di tengah-tengah cerita, oh anakku... So, kynya cuma gw dan suami yang gak tertarik2 amat deh waktu ada event buku hitsss banget di ICE beberapa waktu silam hehehe kita mah realistis ajalah anaknya emang gak (atau belum) suka buku.

Ngeliat kenyataan gitu, kayaknya gw jadi worry untuk masukin dia ke reguler playgroup, karena beberapa kali liat cara belajar di playgroup deket rumah itu, selama 2 jam kegiatannya didominasi listening dan duduk manis, yaa typical sekolah indonesia asli lah, gak terlalu interaktif. Ada sih gerak-gerak badan tapi cuma pas mau masuk kelas, semacam senam pagi gitu. Jadi gw mulai merasa kynya kurang pas untuk athira. Karena ada laah beberapa kejadian, athira tuh di cap anak iseng nakal jahil karena sikap gak mau diemnya dia itu. Padahal gw yakin anak yang super aktif itu bukannya nakal tapi dia cuma butuh menyalurkan kelebihan energinya. 

Setelah baca, browsing dan sharing-sharing emak gitu, ternyata athira masuk ke golongan Kinesthetic Learner. Gampangnya sih, cara belajar anak ini dengan cara menyentuh dan menggunakan organ tubuhnya, belajar praktek lah intinya. Jadi jika dipaksakan belajar duduk manis dengerin bu guru, udah pasti anaknya gelisah dan otaknya pun tidak bekerja maksimal. Ciri - ciri anak ini biasanya; mudah bosan, mudah emosi, gak bisa diem, tidak takut berinteraksi dengan orang baru, cenderung agresif dan jarang merasa sakit jika jatuh dsb (baru ngeh juga tiap imunisasi athira emang jarang nangis paling meringis aja), sebenernya banyak ciri lainnya, tapi bbrp hal diatas yang paling kentara dalam perilaku athira. Otak anak kinestetik berkembang pesat ketika mereka melakukan banyak gerakan dan sentuhan. Kalo kita paksakan untuk stop total, maka otaknya pun tidak akan berkembang maksimal dan rentan memberontak.


Jadi untuk stimulasi otaknya secara physical, gw dan ayahnya berfikir untuk fokus masukin dia ke sport school serius aja macam gymnastic. Nanti di umur 4 tahun baru deh langsung masuk TK dengan metode yang kudu cucok sama anak macam doi, sekolah alam mungkin? belum tau juga sih. Tapi yang jelas kita gak pengen maksain dia jadi sesuatu, I just want her to be what she's the best at, yang penting sholehaaah ya. Jaman sekarang kynya semua bidang dan kemampuan bisalah yaa dijadiin tumpuan penghidupan heuheu! Dan lagi - lagi harus membuat mindset tiap anak kepinterannya beda, kemampuannya beda, so never compare her to anyone. Anak pintar itu bukan berarti gak suka main dan cuma duduk di depan meja belajar kan. Gw juga berharap makin banyak sekolah yang meniadakan 'rangking' it just useless sih menurut gw. Kayaknya lama-lama bikin sekolah sendiri deh gw haha!

So, yeaaah gitu dehhh... jadi ibu kudu pinter, kudu banyak akal dan yang pasti kudu punya stok sabar seluas alam semesta :D Happy Thursday all!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Where Athira was Born: Kemang Medical Care

Sebulan setelah pernikahan, Alhamdulillah dikasih kepercayaan sama Allah untuk mengandung anak pertama kami. Kehamilannya bener - bener gak disangka, awalnya si bunda ngerasa demam dan gak enak badan alias pegel sekujur badan, terus berangkatlah sm si ayah ke dokter, sekalian di ceki ceki sana sini takutnya kena DBD karena demamnya udah berhari - hari. Eh bu dokternya malah ngomong "Selamat yaa pak, istrinya hamil" --- its like whaaaaaaaaaaaat?! bukannya kita ga seneng, tapi gak nyangka aja secara baru 2 minggu lebih nikah. Dan perjalanan pulang pun diisi dengan keheningan panjang *melongo sambil telen telen ludah* Dari awal kehamilan, kita selalu check up di Rumah Sakit Kawasan Bintaro yang sungguh tersohor itu (ya eyalaah cuma satu soalnya heuheu). Sebenernya si bunda udah cucok bgt sama rumah sakitnya, karena udah familiar banget secara dari brojol udah di Bintaro kaan, tapii.... gak cocok banget sama waktu nunggu dan dokternya (sebut saja mawar, udah lumayan senior n

Jalan-jalan Sore: AEON Mall, Serpong (BSD)

Salah satu resolusi setelah resign adalah: datengin tempat-tempat happening di hari biasa supaya sepi *cetek banget yaaa resolusinya* jadilah hari rabu yang lalu niat plesiran ke AEON Mall yang sungguh happening itu! Sebenernya udah pernah kesana pas weekend dan sungguh sangat kuciwaaa karena penuhnyaaaa amittt-amitt bangeeeet! Masuk Mall macet, cari parkir susah, cari restoran penuh semua, mau jalan rasanya sesek banget saking penuhnya orang. Pokoknya super gak nyaman and it was unpleasant experience. Dan ternyata jalan-jalan di AEON ketika hari biasa adalah syurgaaa duniaaa :) Semua jadi berasa keliatan bagus dan rapih jali, tentunya jadi bener-bener merhatiin segala perintilan di Mall dengan sungguh seksama. Bagussss yaa ternyata Mall-nya, I likeee! Buat pencinta budaya jepang, udahlah gak perlu ke jepang cukup ke AEON aja udah mirip kayaknya hahaha! Soalnya dari sebagian besar toko-toko, jualannya barang-barang buatan jepang, terus untuk restorannya sendiri 80% ad

Apa itu Kangaroo Mother Care?

Di blog post sebelumnya (click!click) , udah diceritain kan proses detik-detik kelahiran Athira di usia kandungan bundanya yang baru masuk 36 minggu, makanya bisa dibilang Athira adalah bayi premature; walaupun notabene hanya kurang seminggu dari jadwal kelahiran bayi normal. Selain lahir lebih cepat, BB Athira pun termasuk dibawah rata-rata BMI bayi.  Di KMC sendiri, mereka hanya menyediakan 1 unit inkubator dan hanya diperkenankan bagi bayi premature dengan kondisi kritis/gawat. Jadi Dr. Asti ngenalin bunda sama metode Kangaroo Mother Care; salah satu metode terbaik bagi perawatan anak premature. Kenapa bisa dibilang lebih baik dibanding inkubator?  picture taken from pinterest 1# Lebih simple dan mudah dipraktekan , cukup bermodalkan kimono, baju berkancing atau baby wrap; voila! langsung bisa deh jadi ibu kanguru. 2# Dengan metode ini, bayi merasa nyaman dan hangat seperti ketika dia masih berada di dalam kandungan. Fyi, bayi premature masih sulit mengatur suhu tu