Langsung ke konten utama

Mengenalkan Bulan Ramadhan pada Balita

 Marhaban ya Ramadhan! 

Gpp yaa telat beberapa hari :) Maklum... seperti layaknya ibu - ibu pada umumya, awal Ramadhan itu suka heboh sendiri hehehe, heboh jajan buat bukaan. Tahun ini adalah tahun keduanya Athira merasakan bulan Ramadhan. Yakin sih, anaknya juga belum paham - paham amat, tapi di tahun ini pengen lebih melibatkan dia dalam menjalani bulan Ramadhan.

Untuk anak usia 2 tahun, rasanya memang belum waktunya untuk ikutan puasa, tapi sebaiknya mulai dikenalkan keistimewaan dari bulan ini. Agar mereka mulai aware bahwa bulan ini berbeda dengan bulan - bulan lainnya. Menjelaskan perkara agama memang gampang - gampang susah apalagi untuk balita, jadi instead of nerangin secara verbal aja, kita harus pinter - pinter melibatkan anak secara fisik. 

Ini beberapa hal yang sudah (dan akan) saya lakukan di bulan Ramadhan ini:
  1. Mengajak turut serta saat berbuka dan sahur. Makan sore nya anak kicik di skip sedikit jadi jam 6 sore, jadi bisa makan bersama di meja makan. Sekalian belajar doa - doa sebelum dan sesudah berbuka puasa. Klo sahur sih tergantung anaknya aja, klo bangun yaa diajak makan jugaaa tapi klo gak sih yaa ga perlu dipaksain
  2. Lebih intensif mengajarkan doa - doa pendek. Alhamdulillah walaupun belum TPA, tapi anak kicik lumayan cepet hafal doa - doa, tentunya dengan cara menyenangkan yaaa. Misalnya didampingin sambil liat youtube tentang hafalan doa pendek versi kartun. 
  3. Menyalakan lagu - lagu Ramadhan. Lagu - lagu jadul juga gak masalah. Karena menurut saya sih musik itu salah satu media termudah untuk anak dalam mempelajari sesuatu.
  4. Lebih Sering Mengajak ke Masjid. Kalo ini sih tugas ayahnya hehehe! Walaupun anak perempuan itu gak wajib sholat berjamaah di masjid, tapi pengen Athira jadi anak yang familiar dan cinta dengan Masjid. Di komplek kebetulan masjidnya cukup besar untuk lari-larian dan setiap saat memang lumayan banyak anak-anak yang ikut berjamaah sama orangtuanya, jadi itung-itung dia main dan bersosialisasi juga. 
  5. Membacakan cerita mengenai Puasa, Ramadhan dan Nabi-Rasul. Sekarang udah banyaak banget buku cerita islam, yang lokal maupun dalam bahasa inggris. Saya sendiri lebih prefer pilih buku lokal, selain ceritanya lebih familiar dengan kehidupan sehari-hari, Athira juga memang belum saya kenalkan dengan bahasa asing. 
  6. Lebih Sering Menggunakan Hijab. Alhamdulillah jugaa anaknya emang seneng ikut-ikutan pake bergo mini, katanya biar kayak bunda dan nini. Awalnya ketika umur 1 tahunan, saya suka iseng pakein bergo mini tapi anaknya gak mau dan suka cranky, yaudah gak dipaksain. Eh makin kesini kadang malah minta pake sendiri kalo mau pergi hehe. Jadi sekarang sih memang mulai ngajarin Athira berpakaian sopan, gak perlu ketutup banget sih tapi setidaknya baju berlengan dan menghindari rok / celana pendek. 
  7. Bikin Craft Art Bertemakan Bulan Ramadhan. Go check pinterest yaa buibu! Banyak banget....
So far, baru itu aja sih beberapa hal yang sudah (dan baru akan) dilakukan selama Ramadhan ini. Mudah-mudahan ibu dan anaknya sama konsisten belajar gak cuma di bulan Ramadhan ajaaa, tapi lanjut sampe di bulan - bulan selanjutnya. Well, ada yang punya tips lain untuk mengenalkan anak pada bulan Ramadhan? Let's sharing!

By the way, selamat menjalankan ibadah puasa yaa semuanya. Semoga lancar sampai di penghujung bulan nanti :D

picture courtesy of helloholydays.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review: Perjalanan 'Mencari' Breastpump

Bisa dibilang bunda adalah Ratu Breastpump! Gak bercanda kok beneran ratu, secara segala rupa breastpump udah dicobain huahuahua *sambil pake mahkota and selendang bulu bulu*
Pas Athira masih ada di dalem perut bunda, salah satu hal yang paling bunda concern adalah soal breastpump. Kenapa? Yaaa karena namanya juga wanita karir yaaa kan, harus dong pompa pompa kumpulin tetes demi tetes ASI. Pas hamil awal-awal udah browsing berbagai forum mama urban dan tanya temen kanan kiri. Review nya macem - macem dan makin bikin bingung. Tapi setelah gundah gulana selama beberapa saat, akhirnya bunda menetapkan pilihan pada *jreng jreng*..... Breastpump Manual! 
Gosip punya gosip, manual tuh kemungkinan sakitnya lebih kecil terus hisapannya bisa disesuaiin pake feeling pas dapet LDR nya (fyi for newbie, LDR tuh bukan lagunya Raisa, tapi... Let-Down Reflex; gampangnya sih keadaan dimana si Ibu dan bayi merasa rileks dan nyaman ketika menyusui, sehingga ASI yang keluar pun jadi deraaas bgt, biasany…

Preeklamsia pada Kehamilan Kedua

Assalamualaikum, selamat pagi! Hari ini pengen berbagi tulisan tentang preeklamsia, penyakit yang sempat saya alami di kehamilan yang pertama. 
Well, first of all, apakah itu preeklamsia? sebuah komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) dan tanda-tanda kerusakan organ, misalnya kerusakan ginjal yang ditunjukkan oleh tingginya kadar protein pada urine (proteinuria).

Review: Rock Star Gym & Rumah Main Cikal

Di post sebelumnya udah cerita tentang kegalauan emak - emak masa kini, tentang perlu enggaknya sekolah buat anak kicik usia setahunan. 
Daripada penasaran kebawa mimpi, akhirnya weekend kemaren athira ikutan free trial di 2 tempat sekaligus, Rock Star Gym dan Rumah Main Cikal. Klo di rockstar lebih pengen tau konsep ngajarin sport ke anak bayi tuh gimana sih, jadilah ambil trial di swimming class. Sedangkan di rumah cikal kynya lebih ke sensory dan motorik halus serta konsep sosialisasi. Intinya sih si bunda pengen tau aja respond athira gimana sih klo masuk sekolah, apakah dia seneng atau justru gak nyaman. 
Setelah trial, keduanya ada pro dan kontra: 
1. Rock Star Gym


#Pros: - Lokasinya dekeet banget dari rumah, 10 menit udah sampe - Fasilitasnya okelah, cukup lengkap ada bathroom, changing room dan kelas yang cukup luas.  - Untuk baby ada kelas swimming, gym dan baby yoga  - Harganya sekitar 800an per bulan (lupa di foto jadinya beneran lupa hehe)  - kelasnya lebih banyak di weekend…