Langsung ke konten utama

Perkembangan Alif 8 Bulan


Pas anaknya baru lahir, janji sama diri sendiri bakalan rajin update perkembangan Alif setiap bulan. Tapi..... bablaaaas teroos hehehehehehe! Suka males-malesan nulis, karena kalo anak-anak tidur lebih sering scrolling postingan IG yg receh-receh bikin ngikik dan kepo :D Jadi yaudahlah direkap aja seingetnya, yg penting ada dokumentasi sewaktu-waktu kangen anak pas masih bayi wkwk. 

Gak tau sih, tapi menurut gw perkembangan motorik Alif sedikit lebih lambat dibanding kakaknya dulu. Klo kata nyokap sih wajar bgt, biasanya perkembangan anak laki lebih lambat, tapi begitu lewat masa puber wusssss langsung berubah sekejap jadi lelaki sesungguhnya #Halah ... So here's Alif Milestones, kali aja ada bunda-bunda yang kurang lebih perkembangan anaknya sama dan pengen ikutan sharing :)

  • MERAYAP & MERANGKAK -- Nah sampe sekarang Den Alip belum bisa mau merayap maupun merangkak. Karena sesungguhnya dia tuh udah bisa, tapi ntah mengapa malesss bgt gerak, padahal udah di pancing pake mainan, plastik, kecrekan sampe HP haha! Gagal semua, dianya tetep aja stuck malah cengegesan dan ngeliatin kita. Jadi jujur aja lumayan kepikiran kok anak ini sungguh mager?! Apa turunan ibunya :p Mungkin di-observe dulu aja lah sampe 1-2 bulan ke depan, semoga udah ada perkembangan
  • BERSUARA -- Sekarang lagi suka banget mumbling dan teriak-teriak gituuu, ah sungguh gemyesss, klo dipanggil udah bisa bales dengan teriakan atau ketawa :) Klo bosen atau laper atau sebel liat bundanya main hp, udah bisa protes "eh.... eh..... eh...."
  • PROGRESS MAKAN -- Jadi dari awal mulai makan, gw pake metode campur-campur. Which is tetep kasih bubur tapi diselingi snack ala BLW alias dipegang sendiri dan dalam bentuk buah/sayur sesungguhnya, gak di puree. So far, anaknya sih cocok aja, makannya lumayan banyak dan alhamdulillah belum pernah GTM (gerakan tutup mulut). Tapi beberapa hari kedepan kynya mau mulai full BLW aja, karena anaknya ky lebih seneng makan sendiri (terbukti hari ini abis 4 PCS TAHU GORENG muahahahah! doyan apa enak brooh?). Dan sebenernya BLW ini sangat praktis bgt dan memudahkan kita karena tinggal potong/kukus/goreng BERES! Kelemahannya cuma harus SABAAR bgt beresin remahannya dan sebisa mungkin kita langsung yang nemenin makan, jadi kynya agak susah buat kembali kerja dititipin #DemiAnak #Okesip
  • SOSIAL SKILL -- Salah satu "kelebihannya" Den Alip adalah anak ini sungguh ramah sama siapapun. Murah senyum dan mau aja digendong even orang yang baru dia liat. Beda sama kakaknya yang sangat insecure sama orang lain dari masih bayi, jatohnya jd ky cengeng bgt fufu pdhl mah namanya juga bayik yaaa.
  • MENIRU GERAKAN -- udah bisa tepuk tangan gemeezzz... apalagi klo denger musik dan denger suara air keran hahaha! Karena dia suka banget main air, jadi ibunya mau cuci piring aja girang dikira dia mau dimandiin :p
  • DUDUK -- Udah bisa duduk sendiri walaupun a bit oleng sih klo kelamaan. Tapi sekarang lehernya udah lebih tegak, sebelumnya masih ky nunduk-nunduk gitu klo duduk. 

Sejauh ini sih, hal-hal tsb yang paling keliatan :D Untuk stimulasi untuk adek kicik belum terlalu banyak paling gw banyak main sambil tengkurep untuk ngerangsang gerakan merayapnya lebih banyak, nyanyi, goyang tangan kaki klo denger musik, main bebunyian, main flashcard dan pegang pasir/air/bebijian dsb. Kadang juga ikutan "belajar" pas kakaknya lagi prakarya, nulis-nulis atau tanya jawab sama bundanya. 

Semoga makin pinter yaaa sholehnya bundaa :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review: Perjalanan 'Mencari' Breastpump

Bisa dibilang bunda adalah Ratu Breastpump! Gak bercanda kok beneran ratu, secara segala rupa breastpump udah dicobain huahuahua *sambil pake mahkota and selendang bulu bulu*
Pas Athira masih ada di dalem perut bunda, salah satu hal yang paling bunda concern adalah soal breastpump. Kenapa? Yaaa karena namanya juga wanita karir yaaa kan, harus dong pompa pompa kumpulin tetes demi tetes ASI. Pas hamil awal-awal udah browsing berbagai forum mama urban dan tanya temen kanan kiri. Review nya macem - macem dan makin bikin bingung. Tapi setelah gundah gulana selama beberapa saat, akhirnya bunda menetapkan pilihan pada *jreng jreng*..... Breastpump Manual! 
Gosip punya gosip, manual tuh kemungkinan sakitnya lebih kecil terus hisapannya bisa disesuaiin pake feeling pas dapet LDR nya (fyi for newbie, LDR tuh bukan lagunya Raisa, tapi... Let-Down Reflex; gampangnya sih keadaan dimana si Ibu dan bayi merasa rileks dan nyaman ketika menyusui, sehingga ASI yang keluar pun jadi deraaas bgt, biasany…

Imunisasi di Rumah Vaksinasi BSD

Salah satu hal yang gak menyenangkan setelah gw resign adalah berkurangnya plafond tunjangan kesehatan kantor ahahaha! ZBL sih yang tadinya bisa hambur hambuuur plafond kesehatan di RS swasta, sekarang harus di eman-emaaan sist. Padahal di umur-umur Athira & Alif lagi gencar-gencarnya sering bener ke klinik dan rumah sakit, terutama buat imunisasi.

Preeklamsia pada Kehamilan Kedua

Assalamualaikum, selamat pagi! Hari ini pengen berbagi tulisan tentang preeklamsia, penyakit yang sempat saya alami di kehamilan yang pertama. 
Well, first of all, apakah itu preeklamsia? sebuah komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) dan tanda-tanda kerusakan organ, misalnya kerusakan ginjal yang ditunjukkan oleh tingginya kadar protein pada urine (proteinuria).