Langsung ke konten utama

Ketika Athira Susah Makan...


Salah satu hal yang bikin ibu-ibu kepikiran adalah ketika anaknya mingkem tak bergeming ketika dikasih makan. Rasanya emang kesel-kesel gimanaa gitu yaaa, udah masakin heboh taunya dilepeh-lepeh atau bahkan disentuh ajaa enggaaak zzz, yang ending-nya bakalan diabisin emaknya :( kapan bundanya kurus dong, nak?

Sebelumnya, athira gak pernah ada masalah sama makan. Selalu mau dan bundanya pun bersyukur banget akan itu. Tapi emang yaaa namanya ujian seorang bunda belom lengkap tanpa adanya aksi GTM. Udah 2 bulan ini athira jadi susah banget makannya. Super milih dan sangat gak terduga waktu makannya. Curiga nya sih karena pengasuh yang biasa suapin dia tuh pulang kampung dan gak balik lagi, jadi mungkin agak sulit buat dia untuk adaptasi lagi disuapin bundanya zzz. Tapi bunda gak akan menyeraaah dong yaa *pasang iket kepala*

Setelah melalui berbagai research (duilee padahal gak jauh-jauh dari forum ibu-ibu kekinian ajee) dan ujicoba yang mostly gagal melulu. Akhirnya sekarang si bunda udah 'lumayan' ngerti cara ngatasin klo athira lagi mogok makan. Begini caranya...

1. Cari tahu bahan makanan kesukaan anak
Jadi setelah bikinin makanan yang pake nasi seringan dilepeh daripada dimakan, jadi gw coba kasih athira beberapa variant karbohidrat; seperti kentang, roti, pasta, oatmeal dkk. Dan yak bener aja, ternyata anaknya memang lagi gak terlalu suka nasi. She prefer kentang, roti dan bakmie. Jadi sebaiknya sih ikutin mau anaknya aja, lagipula karbohidrat kan gak selalu nasi. 

2. Jangan kasih cemilan yang terlalu "berat" sebelum waktu makan
Pastinya untuk menghindari anak terlanjur kenyang sebelum makan. 

3. Makan bersama
Ketika makan bersama / rame-rame biasanya athira jadi cenderung lebih suka makan. Apapun yang dikasih pasti dimakan dan cuma disisakan sedikit. Mungkin dengan sedikit "keramaian" ketika jam makan, bikin mood anak jadi happy dan dia pun bersedia makan dengan senang hati. Jadi hindari memberi makan anak ketika ia sendirian. Athira sering mengajak anak-anak tetangga sebelah untuk  main ke rumah, kalau sudah begitu bundanya langsung deh cuss ambil mangkok hehe! 

4. Makan sambil keluar rumah, kenapa enggak?
Kalo udah pasrah, kadang gw suka bawa athira keluar, misalnya ke taman di dekat rumah. Mungkin ada beberapa ibu-ibu yang cukup idealis dan melarang anak untuk makan sambil "jalan-jalan". Tapi menurut gw sih gak ada salahnya memberi anak makan di suasana yang berbeda. Mungkin dia tidak mau makan karena terlalu bosan di dalam rumah seharian, ya kan? Namun tetap dibatasi, misalnya hanya pagi atau sore saja. Toh dulu bahkan gw selalu dibawa makan keluar sama nyokap, tapi Alhamdulillah sih begitu masuk TK udah otomatis selalu makan di meja makan tanpa pecicilan lagi.

5. Cari alternatif dengan kandungan gizi yang sama
Kadang walaupun udah dimasakin makanan kesukaannya, tetep aja athira gak mau makan. Biasanya gw gak akan dan gak mau maksa dia untuk makan. Tapi ganti aja dengan makanan "mirip cemilan" yang kaya gizi misalnya seperti keju lembaran, yoghurt untuk anak, buah-buahan atau sereal tanpa susu.

6. Pancing nafsu makan anak dengan ....
Untuk tips terakhir ini GAK PERLU DITIRU kok kecuali klo bener-bener terpaksa, karena ini sih tips abal-abal ciptaan sendiri namun sungguh ampuh luar biasa. Apakah itu? pancing nafsu makan dengan snack ber-MSG (maafkaaaan aku anakkuuuu). Tapi ini ampuh banget ketika dia udah bener-bener gak bisa dikasih makanan normal yang sehat dan badannya udah nampak langsing singset ky kurang gijiii. Untuk snack nya bisa pake apapun, klo athira sukanya chitato, jadi dipotek kecil-kecil, dikasih ke anak lalu langsung lanjut dengan nasi dan lauk. Yaa gitu aja sampe selesai makan. Gosipnyaaa sih emang MSG itu merangsang nafsu makan, makanya klo lagi nyemil mecin susah berhentinya kaaaan :p 

Tapi klo semua cara udah dicoba, cuma belum berhasil juga yaudah banyakin doa ajaaaa yaa, banyak siapin stok sabar dan jangan pernah paksa anak untuk makan. Karena semakin dipaksa, semakin terekam di otak anak kalo kegiatan makan itu adalah kegiatan yang sangat menyebalkan. If she/he doesn't want to eat, yaudah biarin aja, kasarnya sih entar jugaaa laper sendokiraaan :p huehue! Semangaaaat buibuuuuk!

Komentar

  1. GTM oooh GTM!
    bisa pake cara gw cyn.. kalo Ammar lagi gak mau makan, sendoknya gw ganti sama kerupuk.. hahahah langsung mangap gede! hihihi... kebiasaan liat ibunya kalo makan nasgor tek2 nyuapnya pake kerupuk abang2 yang pinggirannya warna-warni ituuuh... endes mak!

    yang point no.2.. bener banget bok.. malah gw pernah baca di cup of jo yang disadur dari bringing up bebe, lebih extreme lagi... bener2 no snack before meal time! it's good to feel hungry! uwooowww gw pas mau praktekin asa teu tega ya ceuu... kayaknya kok nelangsa amat liat anak kicik gak dikasih apa2

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review: Perjalanan 'Mencari' Breastpump

Bisa dibilang bunda adalah Ratu Breastpump! Gak bercanda kok beneran ratu, secara segala rupa breastpump udah dicobain huahuahua *sambil pake mahkota and selendang bulu bulu*
Pas Athira masih ada di dalem perut bunda, salah satu hal yang paling bunda concern adalah soal breastpump. Kenapa? Yaaa karena namanya juga wanita karir yaaa kan, harus dong pompa pompa kumpulin tetes demi tetes ASI. Pas hamil awal-awal udah browsing berbagai forum mama urban dan tanya temen kanan kiri. Review nya macem - macem dan makin bikin bingung. Tapi setelah gundah gulana selama beberapa saat, akhirnya bunda menetapkan pilihan pada *jreng jreng*..... Breastpump Manual! 
Gosip punya gosip, manual tuh kemungkinan sakitnya lebih kecil terus hisapannya bisa disesuaiin pake feeling pas dapet LDR nya (fyi for newbie, LDR tuh bukan lagunya Raisa, tapi... Let-Down Reflex; gampangnya sih keadaan dimana si Ibu dan bayi merasa rileks dan nyaman ketika menyusui, sehingga ASI yang keluar pun jadi deraaas bgt, biasany…

Hello Adik Kicik!

Alhamdulillah di tahun 2016 ini, dikasih amanah lagi untuk memiliki anak kedua. Hari ini umur kandungannya sudah memasuki minggu ke-10, yes... still long way to go! Belum melewati trimester pertama, artinya masih harap harap cemas, semoga bayinya kuat dan sehat! Aamiiin...

Preeklamsia pada Kehamilan Kedua

Assalamualaikum, selamat pagi! Hari ini pengen berbagi tulisan tentang preeklamsia, penyakit yang sempat saya alami di kehamilan yang pertama. 
Well, first of all, apakah itu preeklamsia? sebuah komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) dan tanda-tanda kerusakan organ, misalnya kerusakan ginjal yang ditunjukkan oleh tingginya kadar protein pada urine (proteinuria).