Langsung ke konten utama

Jalan - Jalan ke Cirebon


Finallyyyy back to blogging! Been lil bezzy lately with my secret project :) will be revealed sooon! (kayak ada aja yang penasaran heuheuheu). 

So, last weekend kepala rasanya agak cenat cenut butuh liburan dan emang dasar namanya rejeki gak kemana, diajakinlaah ke Cirebon sama ortu yang kebelet banget pengen cobain Tol Cipali. Walaupun panasnya naujubileh, Cirebon always be my favorite town, seneng aja banyak jajanan murah dan suasananya agak mirip-mirip sama Solo. It wasnt my first visit, tapi udah yang kelima :) Tujuannya sih itu-itu aja tapi lumayan banget buat nyegerin pikiran yang lagi capek. 

DAY 1

Jadilah Sabtu pagi kita berangkat naik bis dan itu adalah pertama kalinya athira naik bis :) She was zuppperrr excited! Selama perjalanan gak tidur dan loncat-loncat bolak balik gak mau diem zzz. Dari Bintaro kita berangkat sekitar jam 8 pagi, Alhamdulillah jalanan lancar jaya, jam 10an udah di Cikampek, trus udah laper haha! jadi melipir dulu ke... 

1st Stop: Sate Maranggi Cibungur. Dari dulu satenya emang terkenal super endesss, setidaknya buat gw yang emang jarang banget makan sate kambiang dan sate sapi, tapi disini lain cerita, dagingnya sungguh empuuk. Terakhir makan disini mungkin sekitar 10 tahun yang lalu, lamaaaa yaaa. Secara kan sejak ada Tol Cipularang, rute via Cikampek gak lagi jadi pilihan. Kirain tempat sate disini jadi bangkrut karena sepi pengunjung, ternyataaa eh ternyataaa udah di renovasi dan tempatnya gedaaaaaa banget. Jadi nyaman banget dibanding sebelumnya yang cuma ky warung tenda aja. Karena kita dateng bukan pas jam makan siang, jadi masih sepi dan cepet bangeeet datengnya pesenan kita. Happy!






Perjalanan lanjut ke Cirebon via Cipali. Kesan dan pesan pertama kali nyobain tol ini adalah panassss dan bosen yaaa haha! Untung saya mah cuma penumpang tinggal duduk manis cantik, gak kebayang sih harus nyetir di jalanan yang lempeng gitu aja, trus kanan kirinya masih tandus. Tapi sebosen-bosennya, Tol ini sungguh memudahkan dan memperpendek perjalanan Jakarta - Cirebon. Jam 12 kita sudah sampaaaai! 

2nd Stop: Batik Nofa, Trusmi. Namapun jalan bareng ibuk-ibuk (senior alias tante-tante), jadi langsung melipir ke tempat belenjongan. Batik Nofa ini selalu jadi langganan tiap kali kita ke Cirebon, selain harganya miring banget, pilihan motif dan warnanya pun satu selera. Jadi gak pernah ke tempat batik yang lain. Batik Nofa sebenernya ada 2 tempat, biasanya turis jakarta dibawa ke Toko Depan yang notabene lebih besar jadinya rame banget. Jadi lebih baik ke Toko Belakang yang merupakan tempat produksi pertama batik Nofa, jadi bisa sekaligus liat workshopnya. Selain batiknya banyak pilihan, salah satu highlight di Batik Nofa adalah Bakso dan Es Durennya. Sungguh Lejaat! Tapi sayang, pas sampe sana udah kehabisan es nya, padahal masih jam 1-an huhuhu! 





3rd Stop: Nasi Jamblang Bu Nur. Kelar belanja, pasti kelaperan (padahal baru aja ngunyah bakso zz). Meluncur ke Nasi Jamblang favorit kita. Dulu awal-awal plesir ke Cirebon, tempat ini gak serame Mang Dul, jadi seneng banget bisa milih-milih lauk dan makan dengan damai sejahtera. Tapi pas kemaren kesana, Ya amplopppp, rame ajaaaaa sisss. Karena udah kepalang ribet parkir dsb, yaudah terpaksa ikut ngantri, tapi emang gak nyesel sihhh, rasanya masih sama enaknya tapi sayang banyak lauk yang udah abis dan karena rame bgt jd makannya buru-buru. Nyuapin bocah aja udah sekenanya, sutralah yaaa bungkus aja mending makan di hotel daripada emak sama anak sama-sama krenkyyy. Btw yang bikin enak nasi jamblangnyaa adalah sambelnya pemirsa, jadi klo sampe keabisan, rasanya bakal kurang sippp mending balik lagi besoknya aja hehe!




4th Stop: Swiss Belhotel. Waktunya check-in, badan udah berasa mulai kurang delicious (dibaca: bau matahari). Anak kicik aja begitu masuk kamar langsung minta mandi saking badannya udah lengket berat, lalu kita bertiga pingsan sejenak zzz. Panas matahari di Cirebon memang yahud! Btw review soal hotel, di postingan terpisah yaaa biar postingannya keliatan banyak :p


Last Stop: Seafood H. Moel. Its dinner time! Satu kata ajalah: ENDESSS! menu favorit disini adalah kepiting dan udangnyaa, semua rasa enaak. Tapi sayang beribu sayang, tempatnya sampe detik ini belum di renov :( karena bangunannya ky bekas rumah gitu (mungkin rumahnya haji moel kali yaaa dulu), jadi berasa sesek karena bersekat-sekat, sedangkan pengunjungnya banyak banget. 

DAY 2

Semalem kita udah memutuskan kalo minggu pagi sampai jam check out gak mau kemana-mana, mau menikmati segala fasilitas hotel aja plus leyeh-leyeh manja. Gw sendiri nemenin athira berenang sampe anaknya kisut benerrr kelamaan berendem di aer :D lalu selesai beberes, jam 12an kita check out dan berencana ngunjungin 2 tempat wajib sebelum kembali ke jakarta.
1st Stop: Rumah Kerang, Multi Dimensi. Sesuai namanya, tempat ini memang tempat pengrajin kerang yang cukup besar di Cirebon. Gak hanya workshop, mereka pun memiliki semacam installation area yang kece beraaaat! Asli sih serasa lagi main di rumah putri duyung haha! All covered with white shells, terus tempatnya ber-AC jadi nyaman banget. Di dekat gallery, juga terdapat toko souvenir kerang yang di dominasi oleh perkakas interior yang sungguh lucu-lucu, Mereka juga menerima customized request dalam bentuk apa aja. Piring makan bisaa, tutupan kloset bisaaa, lemari baju bisaaa sampe ada loh ternyata yang request kasur lapis kerang, mungkin bisa bikin tidur makin nyenyak kali yee




2nd Stop: Rumah Makan Klapa Manis. Untuk menuju restoran ini, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota cirebon, karena letaknya yang agak jauh. Konsep restoran ini mirip ky resto yang ada di Dago Pakar, restoran yang memiliki posisi stratehisss sehingga memungkinkan pelanggan untuk memandang alam dari ketinggian. Tempatnya sendiri dibuat semacam bangunan tradisional, dan makanan yang ditawarkan adalah makanan sunda. Agak zonk sih, karena ekspektasi awal bisa liat pemandangan sambil makan steak huehuehue! Rasa makanannya bolehlaaah, walaupun gak se-istimewa yang gw kira. Yang menarik tempat ini menyediakan musholla di semacam pendopo gitu dan memiliki beberapa spot yang fotogenik untuk diupload ke path :p tapi sayangnya hp keburu mati sebelum sempet foto-foto hiks!


3rd Stop: Toko oleh-oleh Sinta. Sebelum pulang mampir kesini dulu, nyokap belanja, saya mah menikmati es duren aja dgn syahdu :)


Lalu selesai bungkus segala bentuk oleh-oleh, akhirnyaaa kita pun pulang kembali ke Jakarta, dan kembali ke rutinitas lagi. Alhamdulillahhh... Sampai jumpa di cerita jalan-jalan selanjutnyaaa! Hopefully soon :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review: Perjalanan 'Mencari' Breastpump

Bisa dibilang bunda adalah Ratu Breastpump! Gak bercanda kok beneran ratu, secara segala rupa breastpump udah dicobain huahuahua *sambil pake mahkota and selendang bulu bulu*
Pas Athira masih ada di dalem perut bunda, salah satu hal yang paling bunda concern adalah soal breastpump. Kenapa? Yaaa karena namanya juga wanita karir yaaa kan, harus dong pompa pompa kumpulin tetes demi tetes ASI. Pas hamil awal-awal udah browsing berbagai forum mama urban dan tanya temen kanan kiri. Review nya macem - macem dan makin bikin bingung. Tapi setelah gundah gulana selama beberapa saat, akhirnya bunda menetapkan pilihan pada *jreng jreng*..... Breastpump Manual! 
Gosip punya gosip, manual tuh kemungkinan sakitnya lebih kecil terus hisapannya bisa disesuaiin pake feeling pas dapet LDR nya (fyi for newbie, LDR tuh bukan lagunya Raisa, tapi... Let-Down Reflex; gampangnya sih keadaan dimana si Ibu dan bayi merasa rileks dan nyaman ketika menyusui, sehingga ASI yang keluar pun jadi deraaas bgt, biasany…

Hello Adik Kicik!

Alhamdulillah di tahun 2016 ini, dikasih amanah lagi untuk memiliki anak kedua. Hari ini umur kandungannya sudah memasuki minggu ke-10, yes... still long way to go! Belum melewati trimester pertama, artinya masih harap harap cemas, semoga bayinya kuat dan sehat! Aamiiin...

Preeklamsia pada Kehamilan Kedua

Assalamualaikum, selamat pagi! Hari ini pengen berbagi tulisan tentang preeklamsia, penyakit yang sempat saya alami di kehamilan yang pertama. 
Well, first of all, apakah itu preeklamsia? sebuah komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) dan tanda-tanda kerusakan organ, misalnya kerusakan ginjal yang ditunjukkan oleh tingginya kadar protein pada urine (proteinuria).