Langsung ke konten utama

Apa itu Kangaroo Mother Care?

Di blog post sebelumnya (click!click), udah diceritain kan proses detik-detik kelahiran Athira di usia kandungan bundanya yang baru masuk 36 minggu, makanya bisa dibilang Athira adalah bayi premature; walaupun notabene hanya kurang seminggu dari jadwal kelahiran bayi normal. Selain lahir lebih cepat, BB Athira pun termasuk dibawah rata-rata BMI bayi. 

Di KMC sendiri, mereka hanya menyediakan 1 unit inkubator dan hanya diperkenankan bagi bayi premature dengan kondisi kritis/gawat. Jadi Dr. Asti ngenalin bunda sama metode Kangaroo Mother Care; salah satu metode terbaik bagi perawatan anak premature. Kenapa bisa dibilang lebih baik dibanding inkubator? 

picture taken from pinterest
1# Lebih simple dan mudah dipraktekan, cukup bermodalkan kimono, baju berkancing atau baby wrap; voila! langsung bisa deh jadi ibu kanguru.
2# Dengan metode ini, bayi merasa nyaman dan hangat seperti ketika dia masih berada di dalam kandungan. Fyi, bayi premature masih sulit mengatur suhu tubuhnya, sehingga dia perlu suhu hangat dan stabil, that's why kebanyakan RS menggunakan inkubator utk mengatasi hal tsb. 
3# Memudahkan pemberian ASI; karena biasanya newborn apalagi prematur belum memiliki insting untuk menyusui, maka dengan metode ini bayi akan dilatih untuk mencari dan menambah frekuensi menyusui. 
4# Menstabilkan detak jantung; sama halnya dengan suhu tubuh, detak jantung newborn biasanya belum stabil. Sehingga jika ia ditempelkan di dada ibu/ayah, secara otomatis dia mengikuti irama jantung kita dan membantu melancarkan peredaran darah ke jantungnya.
5# Bikin bonding antara ibu dan anak menjadi sangat amat baik, ditambah bayi juga semakin nyenyak bobonya. Dan the good news is: metode ini bisa juga dipraktekan oleh Ayah, Nenek, Kakek, Tante, Om dan siapa saja! Jadi ibunya tetap bisa istirahat sebentar and having a 'me time'
6# Menambah berat badan bayi dengan cukup signifikan, mungkin karena intensitas menyusu dia yang lebih sering. And it works to me! Athira nambah berat badan cukup banyak di bulan ke-2. 
7# And of course... its cost effective! *Ibu Hemat 2014! prokprokprok :) Iyalah, hemat banget! Kalo bayar biaya inkubator bisa sama kaya biaya melahirkannya sendiri, belum lagi waktu yang terkuras habis buat ayah ibunya bolak balik nengok ke Rumah Sakit

So.... Say yessss to Ibu Kanguru! Tinggal Templok.. Kelaar! Dimana ada bunda, disitu ada Athira :)

Alhamdulillah, pas melahirkan Athira dapet kado Boba Wrap *pelukkkk kenceng yang kasih kado ini* sungguh sangat membantu! And here's how Bunda wore it:

pictures take from pinterest
Note: Untuk kangaroo care, diusahakan bagi ibu dan bayinya tidak mengunakan pakaian atas. Jadi setelah menggunakan wrap, setelah itu baru memakai baju berkancing, kimono atau jaket. Gampang kan? 

Metode ini tidak hanya diperuntukan bayi premature, bayi dengan lahir normal pun bisa menerapkan ini dan juga bayi sedang mengalami demam tinggi. Selamat mencoba! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review: Perjalanan 'Mencari' Breastpump

Bisa dibilang bunda adalah Ratu Breastpump! Gak bercanda kok beneran ratu, secara segala rupa breastpump udah dicobain huahuahua *sambil pake mahkota and selendang bulu bulu*
Pas Athira masih ada di dalem perut bunda, salah satu hal yang paling bunda concern adalah soal breastpump. Kenapa? Yaaa karena namanya juga wanita karir yaaa kan, harus dong pompa pompa kumpulin tetes demi tetes ASI. Pas hamil awal-awal udah browsing berbagai forum mama urban dan tanya temen kanan kiri. Review nya macem - macem dan makin bikin bingung. Tapi setelah gundah gulana selama beberapa saat, akhirnya bunda menetapkan pilihan pada *jreng jreng*..... Breastpump Manual! 
Gosip punya gosip, manual tuh kemungkinan sakitnya lebih kecil terus hisapannya bisa disesuaiin pake feeling pas dapet LDR nya (fyi for newbie, LDR tuh bukan lagunya Raisa, tapi... Let-Down Reflex; gampangnya sih keadaan dimana si Ibu dan bayi merasa rileks dan nyaman ketika menyusui, sehingga ASI yang keluar pun jadi deraaas bgt, biasany…

Preeklamsia pada Kehamilan Kedua

Assalamualaikum, selamat pagi! Hari ini pengen berbagi tulisan tentang preeklamsia, penyakit yang sempat saya alami di kehamilan yang pertama. 
Well, first of all, apakah itu preeklamsia? sebuah komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) dan tanda-tanda kerusakan organ, misalnya kerusakan ginjal yang ditunjukkan oleh tingginya kadar protein pada urine (proteinuria).

Review: Rock Star Gym & Rumah Main Cikal

Di post sebelumnya udah cerita tentang kegalauan emak - emak masa kini, tentang perlu enggaknya sekolah buat anak kicik usia setahunan. 
Daripada penasaran kebawa mimpi, akhirnya weekend kemaren athira ikutan free trial di 2 tempat sekaligus, Rock Star Gym dan Rumah Main Cikal. Klo di rockstar lebih pengen tau konsep ngajarin sport ke anak bayi tuh gimana sih, jadilah ambil trial di swimming class. Sedangkan di rumah cikal kynya lebih ke sensory dan motorik halus serta konsep sosialisasi. Intinya sih si bunda pengen tau aja respond athira gimana sih klo masuk sekolah, apakah dia seneng atau justru gak nyaman. 
Setelah trial, keduanya ada pro dan kontra: 
1. Rock Star Gym


#Pros: - Lokasinya dekeet banget dari rumah, 10 menit udah sampe - Fasilitasnya okelah, cukup lengkap ada bathroom, changing room dan kelas yang cukup luas.  - Untuk baby ada kelas swimming, gym dan baby yoga  - Harganya sekitar 800an per bulan (lupa di foto jadinya beneran lupa hehe)  - kelasnya lebih banyak di weekend…