Langsung ke konten utama

Menjadi Ibu Rumah Tangga Setelah Bekerja

Sama sekali bukan hal yang mudah. Iya udah jelas, perasaan pertama kali yang terasa setelah resign adalah "Alhamdulillaaaah akhirnyaaa berbie lepas jugaa dari cubicle kantor" Yep, I bet you will! Dan itu hanya terjadi maksimal 3 hari setelah resign haha! Abis itu bingung kan, mau ngapain hayo?! Drama post-workingmom yang kaya gini adalah salah satu hal yang sempet gw takutin. Takut berasa seisi dunia gak butuhin keberadaan gw lagi (tsaahhh).

Makanya sebelum kemarin akhirnya memutuskan untuk resign, gw udah mencoba untuk mengantisipasi klo perasaan-perasaan gak penting ky gitu timbul (iyaa soalnya emang beneran gak penting, karena itu cuma pikiran kita aja), yaitu dengan cara:

1. Bikin TO-DO-LIST setiap hari; just like we arrange our schedule at the office everyday. Terserah sih mau bikin di notes, di HP atau cukup dalam pikiran aja hehe! At least kita jadinya gak bengong2 gak karuan gitu bingung mau ngapain, karena FYI kerjaan dirumah tuh sungguh gak abis-abis ketimbang kerja kantoran. Jadi biar gak stress, bikin deh jadwal simple kayak hari ini kita mau ngapain aja, even nge-mall pun harus dijadwalin sisss.

2. IGNORE negative vibes; setelah gw resign, banyak banget yang nanyain alasan gw kenapa resign. Dari yang positif sampe negatif tingkat akut. Kalo yang positif sih yaa alhamdulillah banyak yang kasih masukan dan support soal menjadi IRT. Nah tapi klo yang omongan negatif, alamakjaaang ini ibuk-ibuk dikasih makanan apaaa sik ama lakinyee. Misalnya aja nih: 
- "Lo mau ngapain sih dirumah, emangnya gak bosen?" --- masih dibales senyum
- "Emangnya enak yaaa tiap kali minta duit sama suami?" --- dalem hati sih "yaa alhamdulillah sih kagak minta ama laki eluuuu"
- "Yaa iyalah lo sih ngapain kerja, kan katanya udah tajir" --- ini yang ngomong kebanyakan makan tape alias mabok kali yee
- "Ih lo resign bakalan dirumah mulu dong, ntar makin gemuk loh" --- asah badikkkk dulu kakakkk! 

Jadi intinya sih gak usah dengerin apapun kata orang. Apapun alasan kita untuk berenti menjadi working-mom pasti ada pertimbangannya masing-masing dan kita gak bisa lah pukul rata keadaan setiap orang sama, ya kan?! Kalo ada temen yang berencana resign, just support them through a short-lovely words.

3. Just DO YOUR THING; setelah resign banyak ibu-ibu yang kepengen jadi mompreneur sukses, bisa sukses gak minta uang jajan ke suami tapi tetep bisa spending time sama anak sebanyak mungkin. Iyalah siapaaa sih yang gak pengen? *lirik ibu-ibu lapak thamcit, sambil jualan sambil suapin anak* Tapi ada juga kok yang memang ingin bener-bener 100% dirumah (secara harfiah) alias full-time ngurus anak, suami dan rumah. Yaa balik lagi apapun itu, just do your thing, do your best to be anything you want to be. Setiap ibu pasti tau persis dimana kemampuan terbaiknya.

4. Kumpulin banyak-banyak INFORMASI; terutama untuk kegiatan ibu anak yang bisa dilakuin di weekday atau bisa juga info untuk ngehadirin berbagai kajian yang tentunya susah banget untuk didatengin pas kita masih kerja kantoran. Salah satu cara biar otak tetap bekerja maksimal (alias gak dipake ngegosip doang), yaaa banyak2 deh datengin tempat dan kegiatan yang manfaat.

And that's all for me :) Ada yang mau nambahin lagi? Karena sejauh ini, gw pun masih belajar to be a good housewife yang ternyata gak hanya bermodalkan centong dan panci hehehe! Semangaaat buibuuuu *salam manis dari sapu dan pengki, jreeeeng!*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Where Athira was Born: Kemang Medical Care

Sebulan setelah pernikahan, Alhamdulillah dikasih kepercayaan sama Allah untuk mengandung anak pertama kami. Kehamilannya bener - bener gak disangka, awalnya si bunda ngerasa demam dan gak enak badan alias pegel sekujur badan, terus berangkatlah sm si ayah ke dokter, sekalian di ceki ceki sana sini takutnya kena DBD karena demamnya udah berhari - hari. Eh bu dokternya malah ngomong "Selamat yaa pak, istrinya hamil" --- its like whaaaaaaaaaaaat?! bukannya kita ga seneng, tapi gak nyangka aja secara baru 2 minggu lebih nikah. Dan perjalanan pulang pun diisi dengan keheningan panjang *melongo sambil telen telen ludah* Dari awal kehamilan, kita selalu check up di Rumah Sakit Kawasan Bintaro yang sungguh tersohor itu (ya eyalaah cuma satu soalnya heuheu). Sebenernya si bunda udah cucok bgt sama rumah sakitnya, karena udah familiar banget secara dari brojol udah di Bintaro kaan, tapii.... gak cocok banget sama waktu nunggu dan dokternya (sebut saja mawar, udah lumayan senior n

Jalan-jalan Sore: AEON Mall, Serpong (BSD)

Salah satu resolusi setelah resign adalah: datengin tempat-tempat happening di hari biasa supaya sepi *cetek banget yaaa resolusinya* jadilah hari rabu yang lalu niat plesiran ke AEON Mall yang sungguh happening itu! Sebenernya udah pernah kesana pas weekend dan sungguh sangat kuciwaaa karena penuhnyaaaa amittt-amitt bangeeeet! Masuk Mall macet, cari parkir susah, cari restoran penuh semua, mau jalan rasanya sesek banget saking penuhnya orang. Pokoknya super gak nyaman and it was unpleasant experience. Dan ternyata jalan-jalan di AEON ketika hari biasa adalah syurgaaa duniaaa :) Semua jadi berasa keliatan bagus dan rapih jali, tentunya jadi bener-bener merhatiin segala perintilan di Mall dengan sungguh seksama. Bagussss yaa ternyata Mall-nya, I likeee! Buat pencinta budaya jepang, udahlah gak perlu ke jepang cukup ke AEON aja udah mirip kayaknya hahaha! Soalnya dari sebagian besar toko-toko, jualannya barang-barang buatan jepang, terus untuk restorannya sendiri 80% ad

Preeklamsia pada Kehamilan Kedua

Assalamualaikum, selamat pagi! Hari ini pengen berbagi tulisan tentang preeklamsia, penyakit yang sempat saya alami di kehamilan yang pertama.  Well, first of all, apakah itu preeklamsia? sebuah komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) dan tanda-tanda kerusakan organ, misalnya kerusakan ginjal yang ditunjukkan oleh tingginya kadar protein pada urine (proteinuria).